Minggu, 11 November 2012



TUGAS AGAMA ROLEPLAY
INSEMINASI BUATAN DAN BAYI TABUNG
MENURUT AGAMA HINDU


Disusun oleh :
1.        Puspa Mustika Jati                        (110162)
2.        Ana Paramita Prastiwi                   (110163)
3.        Dwi Handayani Paramita B          (110164)
4.        Indri Asih Susilowati                    (110165)
5.        Yulianingsih                                  (110166)
6.        Riska Puspita Sari                         (110167)
7.        Kurnia Hidayati                            (110168)
8.        Andhina Ratih Fitria                     (110169)
9.        Tarmini                                          (110170)


AKADEMI KEBIDANAN YOGYAKARTA
2011/2012


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Sekarang ini sudah muncul berbagai kecanggihan yang dapat di gunakan untuk mengatasi kendala-kendala kehidupan.Salah satunya adalah kesulitan mempunyai anak dengan berbagai faktor.Tetapi terkadang kecanggihan teknologi mempengaruhi etika-etika terhadap islam. Kemungkinan kehamilan dipengaruhi oleh usia anda dan kadar FSH basal. Secara umum, makin muda usia makin baik hasilnya. Kemungkinan terjadinya kehamilan juga tergantung pada jumlah embrio yang dipindahkan. Walaupun makin banyak jumlah embrio yang dipindahkan akan meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan, tapi kemungkinan terjadinya kehamilan multipel dengan masalah yang berhubungan dengan kelahiran prematur juga lebih besar. Pengertian mandul bagi wanita ialah tidak mampu hamil karena indung telur mengalami kerusakan sehingga tidak mampu memproduksi sel telur. Sementara, arti mandul bagi pria ialah tidak mampu menghasilkan kehamilan karena buah pelir tidak dapat memproduksi sel spermatozoa sama sekali. Bayi tabung adalah upaya jalan pintas untuk mempertemukan sel sperma dan sel telur diluar tubuh (in vitro fertilization). Setelah terjadi konsepsi hasil tersebut dimasukkan kembali ke dalam rahim ibu atau embrio transfer sehingga dapat tumbuh menjadi janin sebagaimana layaknya kehamilan biasa.Status bayi tabung ada 3 macam :
1.    Inseminasi buatan dengan sperma suami.
2.    Inseminasi buatan dengan sperma donor.
3.    Inseminasi bautan dengan model titipan.
Beberapa Negara memperbolehkan donor sperma bukan suami, dan diakui secara legal. Kerahasiaan identitas donor yang bukan suami senantiasa dijaga, untuk menghindarkan masalah dikemudian hari.Baik pria maupun wanita yang mandul tetap mempunyai fungsi seksual yang normal. Tetapi sebagian orang yang mengetahui dirinya mandul kemudian mengalami gangguan fungsi seksual sebagai akibat hambatan psikis.

Tetapi istilah mandul seringkali digunakan untuk menyebut pasangan suami istri yang belum mempunyai anak walaupun telah lama menikah. Padahal pasangan suami istri yang belum mempunyai anak setelah lama menikah tidak selalu mengalami kemandulan. Yang lebih banyak terjadi adalah pasangan yang infertil atau pasangan yang tidak subur.Tulisan tentang bayi tabung ini dimaksudkan agar masyarakat terutama dari kalangan agama memberikan tanggapan dan masukan tentang proyek/tim pengembangan Bayi tabung Indonesia yang mulai terbuka untuk peminat bayi tabung.Sebagai akibat dari kemajuan ilmu pengetahuan modern dan teknologi kedokteran dan biologi yang canggih,maka teknologi bayi tabung juga maju dengan pesat,sehingga kalau teknologi bayi tabung ini ditangani oleh orang-orang yang kurang beriman dan bertaqwa,dikhawatirkan dapat merusak peradaban umat manusia,bisa merusak nilai-nilai agama,moral,dan budaya bangsa.
B.     Tujuan
a.    Untuk mengetahui pengertian dari bayi tabung dan inseminasi buatan.
b.    Untuk mengetahui teknik pembuatan bayi tabung dan inseminasi buatan.
c.     Untuk mengetahui macam-macam inseminasi buatan.
d.    untuk mengetahui motivasi yang di lakukan
e.    Untuk mengetahui status anak hasil bayi tabung dan inseminasi buatan.










BAB II
TINJAUAN TEORI
A.    Pengertian
1.      Inseminasi Buatan
Inseminasi buatan adalah proses bantuan reproduksi di mana sperma disuntikkan dengan kateter ke dalam vagina (intracervical insemination) atau rahim (intrauterine insemination) pada saat calon ibu mengalami ovulasi. Proses inseminasi buatan berlangsung singkat dan terasa seperti pemeriksaan papsmear. Dalam dua minggu, keberadaan janin sudah bisa dicek dengan tes kehamilan. Bila gagal, prosesnya bisa diulang beberapa kali sampai berhasil. (Umumnya bila setelah 3-6 siklus tidak juga berhasil, dokter akan merekomendasikan metode bantuan reproduksi lainnya)
2.      Bayi Tabung
Bayi tabung atau pembuahan in vitro (bahasa Inggrisin vitro fertilisation) In vinto berasal dari bahasa latin yang berarti gelas /tabung gelas, dan fertilization barasal dari bahasa inggris yang berarti pembuahan.
 Sebuah teknik pembuahan dimana sel telur (ovum) dibuahi di luar tubuh wanita. Bayi tabung adalah salah satu metode untuk mengatasi masalah kesuburan ketika metode lainnya tidak berhasil. Prosesnya terdiri dari mengendalikan proses ovulasi secara hormonal, pemindahan sel telur dari ovarium dan pembuahan oleh sel sperma dalam sebuah medium cair. Teknologi ini dirintis oleh P.C Steptoe dan R.G Edwards pada tahun 1977.
Bayi tabung adalah bayi hasil konsepsinya (pertemuan sel telur dan sperma) yang dilakukan dalam sebuah tabung yang sudah dipersiapkan sedemikian rupa di laboratorium.
Pelayanan terhadap bayi tabung dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah fertilisasi – in – vitro. Fertilisasi – in – vitro adalah pembuahan sel telur oleh sel sperma di dalam tabung Petri yang dilakukan oleh petugas medis. Inseminasi buatan pada manusia sebagai suatu teknologi reproduksi berupa teknik menempatkan sperma di dalam vagina wanita, pertama kali berhasil dipraktekkan pada tahun 1970. Awal berkembangnya inseminasi buatan bermula dari ditemukannya teknik pengawetan sperma. Sperma bisa bertahan hidup lama bila dibungkus dalam gliserol yang dibenamkan dalam cairan nitrogen pada tempratur – 321 derajat Fahrenheit.

B.     Proses Inseminasi Buatan / Bayi Tabung
a.       Inseminasi Buatan
Calon ibu yang akan menjalani inseminasi buatan dirangsang kesuburannya dengan hormon dan obat-obatan lainnya. Pemberian rangsangan ini dimulai pada awal siklus menstruasi agar pada saat ovulasi indung telur menghasilkan beberapa telur yang matang (dalam keadaan normal, hanya satu telur yang dilepaskan per ovulasi). Sperma yang diinjeksi melalui kateter juga diproses terlebih dahulu agar terseleksi dan terkonsentrasi, sehingga kualitasnya baik dan jumlahnya cukup.
Inseminasi buatan bisa membantu kehamilan bila:
1.     Istri memiliki alergi sperma
2.     Suami memiliki jumlah sperma sedikit atau kurang gesit
3.     Sebab-sebab lain yang tidak dapat diketahui

b.    Bayi Tabung
Prosesnya mula – mula dengan suatu alat khusus semacam alat untuk laporoskopi dilakukan pengambilan sel telur dari wanita yang baru saja mengalami evolasi. Kemudian sel telur yang diambil, dibuahi dengan sperma yang sudah dipersiapkan dalam tabung yang suasananya dibuat persis seperti didalam rahim.
Setelah pembuahan hasil konsepsi tersebut dipelihara beberapa saat dalam tabung sampai pada suatu saat tertentu akan dicangkokkan ke dalam rahim wanita tersebut. Selanjutnya diharapkan embrio itu akan tumbuh dalam rahim wanita. Setelah itu kehamilan akan dialami wanita dan perkembangannya akan berlangsung seperti biasa.
Dalam melakukan Fertilisasi-in-virto transfer embrio dilakukan dalam tujuh tingkatan dasar yang dilakukan oleh petugas medis, yaitu : 
1.      Isteri diberi obat pemicu ovulasi yang berfungsi untuk merangsang indung telur mengeluarkan sel telur yang diberikan setiap hari sejak permulaan haid dan baru dihentikan setelah sel – sel telurnya matang
2.      Pematangan sel – sel telur di pantau setiap hari melalui pemeriksaan darah isteri dan pemeriksaan ultrasonografi.
3.      Pengambilan sel telur dilakukan dengan penusukan jarum ( pungsi ) melalui vagina dengan tuntunan ultrasonografi.
4.      Setelah dikeluarkan beberapa sel telur, kemudian sel telur tersebut dibuahi dengan sperma suaminya yang telah diproses sebelumnya dan dipilih yang terbaik.
5.      Sel telur dan sperma yang sudah dipertemukan di dalam tabung petri kemudian dibiakkan di dalam lemari pengeram. Pemantauan dilakukan 18 – 20 jam kemudian dan kemudian keesokan harinya diharapkan sudah terjadi pembuahan sel.
6.      Embrio yang berada dalam tingkat pembelahan sel ini. Kemudian diimplantasikan ke dalam rahim isteri. Pada periode ini tinggal menunggu terjadinya kehamilan.
7.      Jika dalam waktu 14 hari setelah embrio diimplantasikan tidak terjadi menstruasi, dilakukan pemeriksaan air kemih untuk kehamilan, dan seminggu kemudian dipastikan dengan pemeriksaan ultrasonografi.

a.       Inseminasi Buatan dan Bayi Tabung Menurut Agama Hindu
Menurut Ketut Wilamurti, S.Ag dari Parisada Hindu Dharma Indonesia
(PDHI) dan Bhikku Dhammasubho Mahathera dari Konferensi Sangha Agung
Indonesia  (KASI).
"Embrio adalah mahluk hidup. Sejak bersatunya sel telur dan sperma, ruh Brahman sudah ada didalamnya, tanda-tanda kehidupan ini jelas terlihat. Karena itu, embrio yang dihasilkan baik secara alarm" (hamil karena hubungan seks/tanpa menggunakan teknologi fertilisasi), dan kehamilan non alami (hamil karena menggunakan teknologi fertilisasi; Bayi tabung) merupakan suatu hasil ciptaan Ranying Hatalla dan hasil ciptaan manusia.
Menurut agama kaharingan program bayi tabung tidak disetujui karena sudah melanggar ketentuan. Maksudnya sudah melanggar kewajaran Tuhan (Ranying Hatalla) untuk menciptakan manusia.
Bayi tabung dilarang oleh agama hindu karena diantaranya :
1.      Insemi atau pembuahan secara suntik bagi umat hindu dipandang tidak sesuai dengan tata kehidupan agama hindu, karena tidak melalui ciptaan Tuhan.
2.  Walaupun bayi tabung bisa dilakukan oleh pasangan suami isteri yang siap dan mengingini anak, Agama hindu kaharingan tidak mengizinkan atau memperbolehkan teknologi fertilisasi ini.
3.  Karena perbuatan ini sudah melanggar hak cipta yang yang dilakukan oleh Ranying Hatalla.Seperti yang diakui oleh umat hindu bahwa Ranying Hatala Katamparan yaitu Ranyaing Hatala yang telah menciptakan manusia. Pada mulanya ranying Menciptakan nenek moyang (disebut Raja Bunu) di Pantai danum Sangiang, sebelum diturunkan ke Pantai Danum Kalunen Ranying Hatalla terlebih dahulu membekali Raja Bunu dengan segala aturan, tata cara, bahkan pengalaman langsung untuk menuju ke kehidupan sempurna yang abadi













BAB III
NASKAH DRAMA

Di rumah praktek dokter ..
Suami                    : bagaimana hasil pemeriksaann nya dok, apakah ada masalah dengan istri saya ?         apakah ada yang gawat dengan kondisi tubuhnya ?
Dokter                  : bapak tenang dulu ya, sampai sejauh ini , saya tidak menemukan hal yang    aneh  atau pun penyakit yang di derita istri bapak. Istri bapak baik-baik saja. Dan kemungkinan untuk hamil selalu ada pak, mungkin Tuhan memang belum memberikan keturunan saja. Jdi bapak sabar saja.
Suami                    : tapi dokter, sampai kapan kami harus menunggu. ?
Dokter                  : sabar saja ya pak .
Istri                        : dok, apa yang harus saya lakukan agar saya dapat hamil. ?
Dokter                  : seperti yang pernah saya sampaikan, saat kunjungan ibu yang ke dua. Ibu jangan   terlalu banyak pikiran. Emosional juga dapat mempengaruhi.
Emosi dan rasa cemas, itu yang di rasakan oleh pasangan A dan B . mereka hampir putus asa. 

Sesampai dirumah
Istri                        : pah, mau di buatin apa ?
Suami                    : terserah saja mah. Papah pusing.
Istri pun kedapur dengan meneteskan air mata. Si istri sangat mengerti apa yang dirasakan oleh suaminya. Dia hanya bisa bersabar dan berdoa. Walaupun hatinya sangat hancur, tapi dia berusaha untuk tegar.
Istri                        : ini pah minumannya
Suami                    : iya. Mah, sebenarnya salah kita apa. Mengapa Tuhan tidak memberikan kita keturunan ?
Istri                        : papah ga boleh ngomong gitu ya. Masih ada banyak jalan. Buktinya tetangga kita , ibu made setelah menunggu hampir 10 tahun. Akhirnya dy di berikan momongan kan.
Suami                    : iya mah papah tau, tapi rasanya papah sudah ingin menggendong anak. Papah ga sabar ingin di panggil ayah!
Merekapun saling berpegangan tangan. Air mata istri tak dapat dibendung lagi.


Disuatu pagi ...
Ibu 1                      : wah kangkungnya segar2. 1 ikat berapa bu?
Penjual                 : 2000 bu. Mari silahkan di pilih.
Ibu 2                      : daging ayam sekarang 1 kg berapa bu?  Aduh anak saya paling suka kalo di buatkan menu ayam goreng.
Penjual                 : ayam 1 kg 22.000.  anak saya juga bu. Sukanya kalo di masak kecap. Hehehe
(Dari jauh terlihat istri sedang berjalan menuju warung sayuran)
Penjual                 : eh bu “” mari silahkan. Mau beli sayur apa bu?
Istri                        : tempenya ini 1 ya mba. Sama sayur kacang 1 ikat.
Penjual                 : iya bu, sebentar ya
Ibu 1                      : eeh jeng, itu lho. Penganten anyar yang rumahnya di samping pak RT. Dengar-dengar udah hamil.
Ibu 2                      : iya pow? Wah senengnya ya kalau dapat momongan. Rumah yang dulunya sepi, jadi rame karna ada suara si kecil.
Ibu1                       : iya ya, ... kalau ibu Ani, kapan nih dapat momongan? Apa ga sepi bu, di rumah hanya berdua?
Istri                        : iya bu,, (hanya bisa menjawab dg perasaan yang remuk)
Ibu 2                      : sssttt.. ibu Ani kan mandul bu. Buktinya sudah 4 tahun ga punya anak juga.(nada pelan, berbisik)
Ibu 1                      : iya to . pantesaan... (nada berbisik)
Istri                        : mari bu, saya duluan.
Ibu 1,2                  : yaa.. ( sambil mencibir dan meneruskan gosipnya)

Bu ani plg dengan wajah sayu dan sedih. Sesampai di rumah.
Suami                    : mah kamu kenapa? (dengan nad bingung)
Istri                        : ibu-ibu itu bilang kalau mamah mandul pah. Mamah sediih pah. Apa benar mamah mandul pah , apa benar yang mereka katakan!!
Suami                    : ssstt.. mamah.. jangan dengarkan kata mereka. Mereka Cuma asal bicara. Mamah tenang ya. Papah akan memikirkan jalan keluar untuk masalah ini. Sekarang lebih baik mmah istirahat dulu.
Istri                        : iya pah. Mamah mau masak di dapur saja.
Suami                    : iya, tapi mamah janji ya, jangan terlalu capek.
Kemudian si istri pergi ke dapur untuk membuat sarapan pagi.

Diteras rumah..
Loper koran        :  koraaan pak .. korraaannya...
Suami                    : iya, terima kasih
Seperti biasa, setiap pagi hari pak denis membaca koran. Dan tiba-tiba..
Suami                    : ‘’Dr hendri diatma  lulusan kedokteran AS telah menolong ratusan ribu pasangan infertilitas’’ ??? wahh ..
Suami segera ke dapur untuk menemui istrinya, dan memberikan kabar gembira ini.
Suami                    : mahh .. maahhh..
Istri                        : iya pah , ada apa ,? Koq papah ngos2an gituu?
Suami                    : ada kabar bagus mah. Coba lihat ini. ‘’Dr hendri diatma  lulusan kedokteran AS telah menolong ratusan ribu pasangan infertilitas’’ bagaimana kalau kita coba mah ? apakah mamah setuju ?
Istri                        : mungkin ini ya pah, jalan keluar dari masalah kita. Iya pah mamah setuju.
Suami                    : oke mah. Mamah tenang saja, papah akan berusaha menghubungi alamat ini. Dan kita akan pergi kesana.
Istri                        : iya pah, terima kasih pah.

Di klinik Dr. Hendri
Resepsionist      : selamat pagi ibu .. bapak... ada yang bisa saya bantu?
Suami                    : tujuan kami datang ke mari ingin bertemu dengan dokter Hendri.
Resepsionist: baik, silahkan mengambil nomor antriannya bapak..
Suami                    : baik.. terimakasih..
Resepsionist      : silakan bapak dan ibu menunggu di ruang tunggu
Isteri                      : baik bu, terimakasih..

10 menit kemudian...
Perawat               : pasangan suami isteri bapak wayan ...
Pak wayan          : iya... saya (sambil beranjak dari duduknya)
Perawat               : ibu dan bapak silahkan masuk
Bu made              : iya terimakasih sus...
Di dalam ruangan
Dokter                  : selamat pagi bapak dan ibu... ada yang bisa saya bantu?
Pak Wayan          : begini dok, langsung saja tujuan kedatangan kami adalah....
                            (pak wayan dan ibu made menjelaskan permasalahan yang mereka alami)
Dokter                  : oh begitu, baik ibu bapak saya periksa terlebih dahulu
***
Dokter                  : ibu, bapak... berdasarkan hasil pemaneriksaan baik dari observasi maupun hasil leb, saya mendiagnosa bapak dlam keadaan normal. Namun ada sedikit permasalahan dengan ibu..
Bu made: apa itu dok? Masalahnya bagaimana?
Suami                    : iya dok.. tolong beri penjelasan
Dokter                  : ibu dan bapak harap tenang ya... segala permasalahan pasti ada solusinya.. mohon maaf ibu dan bapak...  hasil pemeriksaannya ibu positif mengalami kelainan pada bagian endometrium, atau di kenal dengan endometriosis
Bu made              : jadi saya nggak bisa hamil ya dok??? Gemana ni pah....? (sambil menangis)
Dokter                  : ibu tenang ya... pasti ada solusi kok bu...
Suami                    : apa itu solusinya dok?
Dokter                  :permasalahan yang di alami ibu dan bapak bukan untuk yang pertama kalinya. Sekitar 1 tahun yang lalu juga ada sepasang suami isteri yang sudah menikah selama 5 tahun dan belum di karuniai anak. Setelah mengikuti program bayi tabung kini mereka telah mempunyai seorang putera.
Suami                    : bagaimana sistemnya dok?
Dokter                  : begini bapak, jadi sistemnya pertemuan sel sperma dan sel telur di luar rahim ibu. Jadi nanti sel telur ibu diambil dan di pertemukan dengan sperma dari bapak di dalam tabung. Kemudian setelah pembuahan di masukkan di dalam rahim ibu. Tapi bapak ibu harus memikirkan terlebih dahulu...  melihat biayanya juga tidak sedikit
Suami                    : memangnya kira-kira berapa biaya yang di perlukan dok?
Dokter: kurang lebih 50 juta pak
Suami & isteri: (serempak terkejut) haaaah??
Dokter                  : iya ibu, bapak... memang cukup mahal biayanya. Masih ada waktu untuk memikirkannya.jadi di diskusikan dengan keluarga di rumah. Nanti kalau bapak dan ibu berminat saya bisa bantu. Bapak dan ibu bisa kembali kemari.
Suami                    : baik dok, terimakasih... nanti akan kami diskusikan di rumah
Isteri                      : permisi dok, terimakasih
Dokter                  : iya.sama-sama bapak, ibu...
+++++
Sesampainya di rumah...
Pak wayan          : mah, papa bingung
Ibu made             : kenapa pah?
Pak wayan          : darimana kita bisa mendapatkan uang sebanyak 50juta itu?
Ibu made             : sudahlah pa.. sabar saja pasti tuhan akan melimpahkan rejeki kepada umatnya, percayalah...
Pak wayan          : iya mah,ya kita berdoa saja ... o ya sebetulnya papah ragu dengan sistem bayi tabung itu
Bu made              : kenapa begitu pah?
Pak wayan          : bukankah kata pendeta bayi tabung itu tidak diperbolehkan dalam agama kita?
 Bu made             : iya ya pah... tapi kalau tidak ada cara lain selain dengan bayi tabung bagaimana pah?
Pak wayan          : iya ya bagaimana ya papah juga bingung. Begini saja kita tanyakan pada pendeta.
Bu made              : iya pah, yuk ...ide bagus tuh supaya jelas

++++
Di dalam sebuah pura
Pendeta               : jadi apa yang bisa saya bantu?
Ibu wayan           : begini pendeta, kami punya sebuah masalah dalam memperoleh keturunan. Sedangkan kami sudah menikah selama 4 tahun. Dan kata dokter saya di diagnosa....
Pak wayan          : iya pendeta... kami bingung, dokter memberi saran untuk mengikuti program bayi tabung.tetapi kami ragu apakah boleh ataukah tidak dalam agama kita
Pendeta               : baik... baik... saya mengerti perasaan kalian ... pasti rasanya sudah tak sabar mempunyai keturunan. Ya mungkin kesabaran kalian tengah diuji. Sebenarnya bayi tabung itu diperbolehkan dalam agama hindu... jika atas kesepakatan sepasang suami isteri itu sendiri. Dan yang terpenting lagi sperma  dan sel telur yang di ambil itu dari sepasang suami isteri itu sendiri yang hubungannya sah dalam ikatan pernikahan.
Pak wayan          : oh begitu, mah jadi kita bisa mengikuti program bayi tabung itu
Bu made              : iya pah... (bersuka cita)

++++
Di rumah orang tua pak wayan
Pak wayan          : ibu setuju nggak kalau kami mengikuti program bayi tabung?
Ibu pak wayan   : seperti apa itu?
Isteri                      : jadi begini ibu, bayi tabung adalah.....
Ibu pak wayan   : oh jadigitu, iya boleh saja. Tapi bukankah itu bertentangan dengan agama kita?
Pak wayan          : kemarin kami sudah berkonsultasi dengan pendeta, dan pendeta bilang kalau memang ini jalan satu-satunya untuk bisa mendapatkan keturunan ya boleh-boleh saja.
Ibu pak wayan   : ya sudah kalau begitu kalian mengikuti program itu aja. Ibu sudah nggak sabar nih ingin segera menimang cucu
Isteri                      : hehe.. iya bu... kamipun ingin segera punya momongan. Tapi sayang bu... biayanya mahal.
Ibu pak wayan   :memangnya berapa sih biayanya?
Isteri pakwayan                : kurang lebih 50 juta bu
Ibu pak wayan   : hah 50juta?? Mahal ya...
Pak wayan          : iya bu,Ya mahal dong. Segitu banyak duit dari mana....???
Ibu pak wayan   : (terdiam sejenak)
Isteri Pak wayan: iya bu...apalagi jabatanku masih rendah begini pendapatannya belum seberapa hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja.
Ibu pak wayan   :(merenung dan diam sejenak memikirkan hal itu)
Pak wayan          : ibu kok bengong sih... kasih kami solusi dong bu...
Ibu pak wayan   : iya ya..... gampang-gampang tenang dulu.... ibu fikirkan ya...(diam sejenak)
Pak Wayan          :bagaimana bu sudah mendapat solusi?
Ibu pak Wayan  :begini, ayahmu dulu sebelum meninggal berpesan pada ibu kalau tanah seluas 2 Ha dekat pasar induk itu untuk kamu. Nah bagaimana kalau dijual saja?Pasti laku mahal tu... bisa kamu jual 1 ha, dan sisanya untuk usaha. Bagaimana?
Pak wayan          : ibu serius? Memangnya nggak sayang apa bu kalau di jual?
Ibu pak wayan   : ya enggaklah kan cuman di jual 1 ha aja. Tanah peninggalan ayahmu dan eyangmu kan banyak. sedangkan anak ibu cuman kamu satu-satunya. Kalau kamu nggak punya anak, mau di kemanakan warisanmu kelak?
Pak wayan          : iya ya bu, ibu benar juga. Ya sudah nanti saya akan menawarkan siapa yang mau beli tanah kita itu.

+++++
(satu minggu kemudian ada seorang kaya raya yang datang kerumah pak wayan untuk membeli tanahnya yang dekat pasar induk itu)

Pak wayan          : terimakasih ya pak?
Pembeli tanah   : iya sama-sama, silahkan di hitung uangnya siapa tau kurang
Pak wayan          :oh nggak pak, sudah cukup pak... 65 juta.
Pembeli tanah   : oh baiklah, tanah itu mau saya buat mall pak....
Isteri pak wayan: mall pak??? Wow... bisa belanji-belanji dunk pah.....
Pembeli tanah   : iya ibu... ya sudah.. pak ... bu saya permisi ya..... selamat siang.
Pak wayan & isteri: iya pak... mari-mari... terimakasih....

++++
Keesokan harinya pak wayan dan isteri pergi ke dokter... dan membuat janji dengan dokter kapan bisa dilakukannya operasi bayi tabung.
Dokter                  : bapak dan ibu... setelah saya periksa keadaan bapak dan ibu sehat... dan ini saya beri obatuntuk mempercepat ovulasi pada ibu. Dan ini vitamin untuk bapak. Silahkan bapak dan ibu kembali lagi 3 hari lagi untuk pemeriksaan selanjutnya.
Pak Wayan          :terimakasih dok....

3 hari kemudian...
Dokter                  : bapak dan ibu kondisi kesehatannya baik. Pemeriksaan sperma bapak juga baik... jumlahnya cukup untuk diseleksi dlam proses pembuahan nanti. Untuk ibu,sekarang sudah masa ovulasi jadi bisa di ambil sel telurnya.

1 minggu kemudian
Bu made              : pah... kok mamah lemes ya pah....
Pak wayan          : mungkin kurang istirahat saya mah...
1 minggu kemudian
Bu made              : pah ... mamah mual-mual nih....
Pak wayan          : hah yang bener mah..? mamah hamil yah? Aduh ya ampun papah seneng banget             tau nggak...  ternyata operasinya berhasil.
Bu made              : ah mamah belom yakin kalau belom ke dokter
pak wayan          : ya udah nanti kita kedokter ya mah... kebetulan papah hari ini libur kerja.

Siang itu di tempat praktik dokter
Dokter  : selamat ibu.. bapak... ibu positif hamil 2 minggu. Jaga janinnya baik-baik ya bu... pak...? tolong banyak istirahat dan jangan lupa nutrisinya di jaga.. ini ada resep nanti di tebus di apotek ya bu?
Pak wayan: iya dok.. pasti... terimakasih ya dok?
Bu made: ya permisi ya dok.. terimakasih

+++++
8 bulan kemudian...
Mendekati persalinan....
Pak wayan          : bagaimana mah? Sudah siap menghadapi persalinan nanti?
Bu made              : ya iya dong pah.. harus siap. Merawat bayi kan yang kita nanti-nantikan sejak dulu....

3 minggu berikutnya....
Bu wayan            : aduh pah... mules nih perutnya....
Pak wayan          : mamah mau melahirkan yah? Ya sudah ayok kita kebidan saja...
Ibu pak wayan   : iya ayuk-ayuk buruan.... sini ibu bantu...

Di tempat bidan praktik
++++
 Bidan                : selamat bapak anaknya cowok pak ... ganteng
Pak wayan          : o ya bu bidan? Saya senang sekali ibu... terimakasih...
Ibu pak wayan   : oh cucuku.... akhirnya kamu punya anak yan.... (sambil merangkul pak wayan)
Pak wayan          : iya bu... dan akhirnya ibu punya cucu.... (tertawa bahagia)
Ibu pak wayan   : semoga saja anakmu kelak menjadi suputra ya yan...
Pak wayan          : iya bu semoga saja... kita berdoa pada tuhan

+++
Di rumah pak wayan(tetangga-tetangga berdatangan ingin melihat bayi pak wayan dan bu made)
Ibu 1      : wah ganteng ya dedeknya...
Ibu2       : iya .. siapa dulu ibunya... dan bapaknya... cantik dan ganteng...
Ibu 3      : kalau sudah begini kan nggak kesepian lagi... di rumah ada yang buat rame....
Ibu 4      : semoga menjadi anak suputra ya bu...
Ibu made: iya...terimakasih ya ibu-ibu sudah mau menjenguk kami.... terimakasih atas doanya
Ibu 3      : ya bu.. bu maafkan kesalahan kami ya... dulu sering mengejek ibu... bilang ibu mandul dsb.
Ibu 124 : iya lo bu... maaf sekali...... (kami menyesal)
Bu made  : iya nggak papa ibu-ibu... yang penting kan sekarang saya sama kedudukannya dengan ibu-ibu semuanya punya anak.... hehehehe
++++++++++++++++++++++++++++













                               



Tidak ada komentar:

Posting Komentar